F.A.Q Pratista

Berikut adalah daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para konsumen Pratista. langsung aja simak yuk :

 

FAQ Pratista

  1. Merkuri ga?

GA ADAA SIS, JAMIN 100%.  Asli produk farmasi sis, dari Novita eka sari S.farm  (Owner Pratista) dan disupport langsung oleh dokter Dyah ayu wulandari.

 

Owner Pratista merupakan lulusan farmasi UI sehingga tidak akan menggunakan merkuri sebagai zat aktifnya.

 

Krim kami juga dijamin 100% tidak lengket seperti tekstur krim yang bermerkuri. Krim kami halus karna diformulasikan dengan standar farmasis.

 

  1. Merah merah ga??

ENGGA sis, asal ngikutin prosedur pemakaian ya sis, PERHATIKAN juga DOSIS krim, sabar dan selalu start dari dosis paling kecil. Infokan ke kami klo misal kulit kamu SUPER SENSITIF atau ALERGI terhadap bahan tertentu.

 

  1. Ketergantungan?

Engga sai, DIJAMIN. Krim2 yang mempunyai efek ketergantungan adalah krim bermerkuri. Dimana kalo krim dstop pemakaiannya wajah malah jadi berjerawat atau timbul flek. KRIM PRATISTA jamin aman NON MERKURI sis.. Jadi walopun kamu stop pemakaian ga akan bikin efek jerawatan atau flek.

 

Tapi kalo stop krim pratista kami harap  wajah tetep kamu rawat dengan pemakaian sunblok. Biar terlindungi dari efek buruk cahaya matahari. Dan tetap dinutrisi dengan vitamin C atau antioksidan lainnya. Kenapa? Ya ibarat kendaraan yang dipakai setiap hari, tapi ga pernah diservice pasti ujung2nya cepet rusak kan sis, atau seperti lantai, sekali pel bersih, tp k setelah itu didiemin sampai sebulan pasti debuan lg kan sis..

Jadi intinya boleh dstop asal tetep dijaga atau dirawat.

 

Dan kl stop pake pratista jangan ganti pake produk bermerkuri yang hanya menjanjikan efek instan sesaat.. be nice to your skin dear.. :*

 

  1. Kandungan ?

Ada banyak sis, ada puluhan tiap itemnya. Dari pada kamu bingung ini kita kasih garis besar aj dr zat aktif nya ya..

ACNE : tea tree oil, vitamin C, vitamin B6, sulfur, beberapa antibakteri dan antibiotik

WHITE : ekstrak mulberry, grape seed extract, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, glycyrrhiza glabra extract, hamamelis virginiana extract.

AGING : kolagen, grape seed extract, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, glycyrrhiza glabra extract, hamamelis virginiana extract.

 

 

  1. Permanen?

permanen sis, tapi kalo kamu panas2an ga pake sunblok ya bisa keling alias hideng alias kusam lagii,, hehe

atau kalo kamu males cuci muka dan makan sembarangan ya bisa jerawatan lagiii..

 

FYI: produk whitening kita hanya menggunakan bahan alami sis, jd ga akan bikin kulit kamu yang PUTIIH banget. Jd kl tone kulit kamu kuning langsat  ya akan tetap bgtu, tapi putih dsni artinya mencerahkan sampai TONE kulit asli kamu, jadi ga BELANG antara muka dan badan. Kecuali kl kamu memang asli putih tapi karena efek kegiatan outdoor yang terlalu sering jadi berubah sawo matang nah ini bisa kita atasi sampai tone kulit asli kamu putih sai.

 

  1. Cocok ga?

Krim pratista memiliki banyak varian, bahkan sampai 5 grade dosis. Hal ini dimaksudkan agar krim yang kami berikan cocok dan sesuai dengan kebutuhan, permasalahan, dan jenis kulit kamu sai, jadi ga usaa khawatir lagi. Karena krim kami diformulasikan layaknya klinik kecantikan profesional. Bukan yang 1 jenis dan 1 dosis main hajar ke semua konsumen yang pasti kebutuhannya berbeda-beda.

 

Krim kami juga dijamin keamananya, karena owner pratista adalah lulusan farmasi UI dan kami pun disupport oleh dokter dyah ayu wulandari. DIJAMIN NON MERKURI yaa.. (FYI: merkuri ini ni si biang kerok yang bkin ketergantngan dan bkin wajah malah jd rusak hiiks)

 

  1. Usia?

 

15-usia lanjut sis, kita sediakan 5 grade dosis (lima lhoo sai bukan 2 atau 3 aja hehe ) yang akan disesuai kan dengan kebutuhan dan jenis kulit, jadi jangan kuatir ^^

 

  1. BPOM?

udah sai, kita ada 2 grade produk, untuk produk kosmetik sudah berBPOM , tapi kl keluhan kamu parah dan butuh pengobatan maka kita pakai produk Grade Kosmedik ya.. jd formula khusus yang memang belum berbpom, skali lagi tergantung keluhan dan kondisi kulit kamu ya..

No BPOM tiap item produk berbeda beda. BPOM didaftarkan oleh Pabrik rekanan Farmasis Pratista.

Berikut beberapa list BPOM Pratista yang telah selesai di Proses :

  • Day Cream : NA18161700508
  • Acne Facial Wash : NA18161203637
  • Brigthening Facial Wash : NA18161203636
  • Anti Scar Day Cream : NA18170104205
  • Anti Scar Serum : NA18170104204
  • Anti Scar Cream : NA18170104203

Masih ada beberapa produk lainnya yang sedang dalam proses pendaftaran merk dan BPOM karena proses registrasi untuk brand start up tidak sebentar. Mohon doanya dari para konsumen setia pratista agar cepat selesai ya 🙂

 

  1. Hamil/menyusui?

AMAAAN sis, kita ada formulasi khusus untuk BUMIL dan BUSUI. Info aja ke kita saat kamu konsul.

 

  1. Iritasi?

Gejala iritasi.

Iritasi ringan : kulit terasa kaku, ketarik

Iritasi sedang : kulit terasa kaku, ketarik, dan berwarna kemerahan

Iritasi berat : kulit terasa kaku, ketarik, dan berwarna kemerahan, disertai rasa perih

Penyebab : jenis kulit kamu yang memang super snsitif, dosis krim malam yang terlalu tinggi, menggunakan krim pada area sekitar mata hidung dan bibir yang seharusnya dihindari.

Penanganan : gunakan antiiritasi pada pagi dan malam hari. Stop  krim malam dan produk yang merupakan penyebab iritasi. Gunakan setelah mencuci wajah, sblm mnggunakan krim atau serum.

Jika setelah 3hari masih belum ada progress silahkan hubungi kami kembali.

 

  1. Kenapa si serum dan krim malam harus disimpan di kulkas?

Hampir semua produk kita mengandung antioksidan yang mudah teroksidasi oleh suhu tinggi dan udara. Terutama pada serum dan krim malam karena kandungan antioksidannya paling tinggi.

 

Antioksidan berfungsi untuk menutrisi kulit dan memperlambat penuaan dini. Sehingga sangat bagus untuk kulit. Tapi sayangnya antioksidan juga sensitif terhadap suhu dan udara, dimana antioksidan dapat rusak, terlihat dari perubahan warna krim/serum. Untuk itu krim dan serum dan krim lebih baik dimasukan k dalam kulkas untuk mencegah rusaknya antioksidan tersebut.

 

NB: proses oksidasi Mirip buah pisang atau apel, kl km kupas pisang atau apel trus kamu diamkan saja tidak langsung dimakan, maka warna pisang/apel yang tadinya putih akan berubah jd kecoklatan karena teroksidasi.

 

  1. Kok krim ak berubah warna?

Krim kamu teroksidasi sis. Antioksidan di krim itu udah muai berkurang atau hilang.

 

Kok bisa?

proses oksidasi Mirip buah pisang atau apel, kl km kupas pisang atau apel trus kamu diamkan saja tidak langsung dimakan, maka warna pisang/apel yang tadinya putih akan berubah jd kecoklatan karena teroksidasi.

 

Trus gimana?

Masih bisa dipake si sis sebenernya,cm efektifitasnya aj yang berkurang. Krna bbrapa zat aktifnya udah ga berfungsi seperti semula lagi.

 

  1. Hasil terlihat berapa lama?

Hasil pemakaian krim relative ya sis, dipengaruhi oleh :

  1. Tingkat keparahan masalah kulit yang dialami
  2. Jenis kulit
  3. Kedisiplinan pemakaian produk
  4. Factor dari dalam tubuh (hormonal)
  5. Factor kebersihan
  6. Factor gaya hidup (pola makan dan olah raga)
  7. Factor pemakaian krim bermerkuri sebelumnya (jika pernah pakai)

Wah banyak ya…?? Iya, tapi tenang sis rata-rata konsumen kami sudah menunjukan hasil          dalam 14 hr. bahkan bisa lebih cepat juga ada sis.. Tapi untuk hasil maksimal memang dbutuhkan 2-3bulan pemakaian. Karena produk pratista bukan produk instan ya sis.  Kita menggunakan bahan2 alami dan aman untuk mengembalikan kesehatan kulit kamu.

Kuncinya ada di kedisiplinan dan kepercayaan.

Kepercayaan ini penting lho sis, kl km udah ga percaya, make produk sambil setengah hati jngan harapkan hasil yang maksimal. You are what you think.

Pratista dikelola langsung oleh farmasis dan dsupport oleh dokter, jd yakin dan disiplin aj sis, dijamin ampuuh.. 😉

 

  1. Apa perbedaan kosmetik dan kosmedik?

Kosmedik itu adalah kosmetik yang mengandung obat atau zat berkhasiat. Yang didalam produk kosmedik terssebut ditambahkan zat aktif, misalnya obat anti gatal, anti bakteri, anti jerawat, anti melasma, anti iritasi dan lain-lain.

 

  1. Pentingnya penggunaan krim pagi

“Sis ak beli krim malamnya aj bisa gak??” ucap beberapa konsumen kami..

Bisa sis, tentu bisa aja.. tp kamu harus memastikn bahwa kamu tetep menggunanakan sunscreen minimal spf 15 sebagai pengganti krim pagi kami. Kenapa?? Karena krim malam hanya berfungsi untuk menutrisi kulit dan atau mengobati jerawat. Krim malam tidak dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Berdasarkan beberapa riset para ahli memaparkan bahwa lebih dari 80% penyumbang kerusakan kulit disebabkan oleh panas matahari. Untuk itu kita harus melindungi wajah dengan menggunakan sunblok serta masker wajah terutama jika berpergian.

 

  1. Proses Breakout

Kok abis pake krim malam jerawatan?? Ga cocok ya??

Hmm.. belum tentu sai.. biasanya itu efek break out setelah lepas dari pemakaian krim yang lama terutama krim2 yang dcurigai mengandung merkuri. Kalau memang km merasa pernah memakai krim2 yang memiliki salah satu ciri berikut : krim yang lengket, bau harum menyengat, warna agak mencolok, toner coklat pekat, biasanya itu merupakan produk pasaran yang mengandung merkuri (untuk info lebih lanjut tentang produk bermerkuri kamu bisa googling ya sai, udh banyak banget informasinya disana).

Nah trus gimana? Jawabannya harus sabar, iya mesti sabar. Karena memang proses ini harus dilalui untuk membuang racun dari kulit kamu.

 

  1. Proses Purging

Ah saya ga pernah kok pakai krim yang merkuri, saya Cuma pakai produk-produk OTC biasa (read: seperti ponds,olay,nivea dll).

Nah kl memang ternyata km bener2 tidak pernah merasa memakai krim2 yang dcurigai mengandung merkuri maka jerawat atau komedo yang saat ini muncul atau malah bertambah merupakan efek purging.

Apa si purging? Istilah purging pertama kali digunakan oleh Dr.Murad. Purging terjadi untuk “membersihkan kotoran, jerawat, dan sebum yang berlebihan yang menyumbat pori2”. Purging adalah proses, oleh karena itu diharapkan jangan berhenti menggunakan produk saat purging masih berlangsung. Umumnya terjadi antara 2-6 minggu. Purging ditandai dengan munculnya whitehead atau jerawat meradang di pori-pori yang sebenarnya emang sudah tersumbat. Memang dibutuhkan kesabaran ekstra namun setelah itu kulit kamu bakal bersih, bukan Cuma dipermukaan kulitnya saja tp bersih hingga lapisan kulit bagian dalam.

Kenapa si harus pake purging dl? Bisa ga kl tanpa purging? Bisa aja tanpa purging kok cm hasil pasti ga maksimal ibarat rumah yang disapu Cuma bagian taman dan teras tapi bagian dalam rumah tetap kotor. Terlihat bersih diluar tapi sebenarnya dibagian dalam kulit tidak sehat. Bnyak kotoran dan sebum yang tersumbat didalamnya.

FYI: Zat aktif yang menyebabkan purging diformulasikan dalam krim malam dan bbrapa jenis serum. Kl kamu memang tidak betah dengan reaksi purging silahkan dstop penggunaan krim malam atau serumnya.

 

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen pratista. bila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan kakak menghubungi kontak kami.

 

Terima Kasih,

Dewi Onlineshop | Creampratista.com

Distributor Resmi Pratista Skin Care 💕💕