7 Kesalahan Fatal Saat Mengobati Jerawat Yang Harus Dihindari

30 Juli 2018 - Kategori Blog

7 Kesalahan Fatal Saat Mengobati Jerawat yang Harus Dihindari

 

Mengobati jerawat tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, bukannya jerawat sembuh, justru kuman penyebab jerawat bertambah banyak hingga menyebabkan kulit wajah menjadi rusak. Sayangnya, meskipun sudah banyak anjuran untuk tidak melakukan berbagai kesalahan yang dapat memperparah jerawat, banyak para penderitanya yang malah melanggarnya.

Nah, berikut ini beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan dan perlu Kakak hindarkan.

 

  1. Terlalu Cepat Menyerah

 

Perlu Kakak ketahui, meskipun kulit wajah termasuk sensitif, namun untuk memberikan reaksi terhadap sebuah obat jerawat dibutuhkan waktu cukup lama. Untuk bisa menyebut sebuah produk obat jerawat bermanfaat atau tidak, diperlukan waktu sekitar 12 minggu. Sayangnya, baru beberapa hari penggunaan dan jerawat tidak kunjung menyingkir, banyak orang yang kemudian beralih ke obat jerawat lainnya. Padahal, setiap obat jerawat mempunyai spesifikasi tertentu di mana kulit harus beradaptasi dari awal. Pada akhirnya, tidak ada obat jerawat satu pun yang cocok digunakan.

 

  1. Menggunakan Banyak Produk Obat Jerawat dalam Waktu Bersamaan

 

Masih berhubungan dengan kesalahan pertama, karena terlalu sering menggunakan produk obat jerawat yang berbeda dalam waktu hampir bersamaan, kulit justru akan memberikan reaksi sebaliknya. Apalagi jika Kakak kemudian menggunakan produk lain sebagai tambahan dengan maksud untuk mempertajam “serangan” terhadap jerawat. Kandungan dalam berbagai produk obat jerawat tersebut justru akan membuat kulit wajah mengalami stres.

 

  1. Terlalu Keras Menggosokkan Scrub saat Membersihkan Wajah

 

Banyak orang beranggapan bahwa menggosokka scrub yang digunakannya dengan keras akan mempercepat keluarnya jerawat dan kemudian sembuh. Padahal, anggapan seperti salah. Justru aktivitas seperti ini akan menggerus lapisan pelindung kulit sehingga menyebabkan terjadinya peradangan kulit. Langkah yang paling tepat saat menggunakan scrub adalah dengan mengusapnya secara perlahan, kemudian membilasnya sampai bersih hingga tidak meninggalkan bekas-bekasnya karena dapat menyebabkan racun bagi kulit wajah. Dan, yang perlu diperhatikan dalam memilih scrub, pilihlah yang mempunyai seimbang dengan kulit.

 

  1. Terlalu Banyak atau Sedikit saat Menggunakan Obat Jerawat

 

Setiap obat jerawat sudah dilengkapi dengan dosis paling tepat. Meskipun di setiap kemasan produk obat jerawat telah tertulis dosis yang harus dipenuhi, sayangnya banyak orang yang dengan sengaja menggunakannya tidak sesuai dosis dengan berbagai alasan. Satu sisi, orang beranggapan bahwa semakin banyak mengoleskan obat jerawat, dampak yang ditimbulkannya pun semakin cepat. Di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa kualitas produk sudah sangat menjamin pengobatan. Sehingga, meskipun digunakan dalam jumlah terlalu sedikit dengan maksud untuk penghematan, dampak yang diberikan tetaplah sama seperti yang diinginkan.

 

  1. Menggunakan Produk Obat Jerawat yang Salah

 

Kebanyakan produk kecantikan mengandung bahan yang dapat menutup pori-pori. Hal ini dimaksudkan agar material luar yang dapat menyebabkan kulit wajah rusak, seperti sinar ultraviolet, tidak dapat masuk ke dalam kulit. Padahal, justru dengan tertutupnya pori-pori kulit wajah, menyebabkan sel kulit mati yang ada di dalam kulit pun tidak bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan jerawat akan lebih mudah muncul. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan obat jerawat yang benar.

 

  1. Segera Menghentikan Penggunaan Obat Begitu Sembuh

 

Menghentikan obat secara mendadak membuat kulit menjadi “kaget” karena biasanya mendapatkan nutrisi sekaligus menyembuhkan satu per satu kuman, tiba-tiba tidak mendapatkan perlakukan apa pun. Hal ini justru akan membuat kuman penyebab jerawat kembali datang, bahkan lebih parah lagi. Akan lebih baik jika Kakak mengurangi dosisnya, meskipun jerawat nampak sudah sembuh. Ingat, meskipun secara penampakan luar kulit sudah tidak berjerawat, bisa jadi di dalam kulit masih ada beberapa peradangan yang perlu untuk disembuhkan secara maksimal.

 

  1. Memencet Jerawat

 

Ini kesalahan yang paling sering dilakukan penderita jerawat. Karena ingin segera menghilangkan jerawat yang mengganggu kecantikan wajah, memencet dan mengeluarkan isi jerawat dengan paksa pun dilakukan. Padahal, cara seperi ini justru akan memperpanjang waktu penyembuhan. Mungkin, isi jerawat memang lebih cepat keluar. Namun, penyembuhannya justru lebih sulit karena aktivitas ini biasanya menyebabkan munculnya cekungan seperti kawah yang menyebabkan peradangan. Belum lagi noda bekas jerawat yang membutuhkan waktu lama untuk dihilangkan.

 

,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *